Sabtu, Januari 22, 2005

Geliat Baiturrahman

Jum'at (7/1). Sekitar 5.000-an warga Banda Aceh dan luar Aceh berduyun-duyun datang ke masjid termegah di Indonesia ini. Hari itu merupakan Jum'at kedua setelah tsunami menghantam Nanggroe Aceh Darussalam. Jumat pekan pertama tsunami, tak ada aktifitas di masjid ini. Pasalnya, pekarangan masjid masih berserakan jenasah, dan puing-puing reruntuhan bangunan. Tidak ada pula salat Jumat lazimnya dilaksanakan di sana dan dihadiri ribuan warga kota.

 


Hosted by Photobucket.com

Baru Jumat (7/1) itulah, Baiturrahman kembali menggeliat. Ibadah salat Jumat mulai dilaksanakan. Memang, dalam kondisi serba darurat. Jumat perdana setelah tsunami itu, selain dihadiri Pangdam Iskandar Muda, juga dihadiri Kasad Jend TNI Ryamizard Ryacudu.

 

Jum'at (14/1) lalu, giliran Wakil Presiden Jusuf Kalla menunaikan ibadah di sana. Didampingi oleh Dien Syamsuddin dan 15 duta besar negara muslim.

 

Pada Jum'at (21/1) giliran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sembahyang. Bukan salat Jumat, tapi salat Iedul Adha 1425 Hijriah, yang dirayakan dalam suasana serba memprihatinkan itu. [r]

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting