Kamis, Juli 07, 2005

GAM Bantah Terlibat Penculikan

Laporan: Fakhrurradzie MG - Jakarta

Aceh Interaktif – Jakarta. Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Pasee mengaku tidak bertanggungjawab terhadap penculikan yang menimpa dua warga Desa Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

Panglima GAM Pasee, Teungku Sofyan Dawood, mengatakan, pihaknya sama sekali tidak melakukan penculikan warga sipil yang marak terjadi belakangan ini di Aceh Utara dan Lhokseumawe. “GAM membantah. Pihak HAM tidak melakukan penculikan warga sipil itu,” kata Teungku Sofyan Dawood kepada Aceh Interaktif, Kamis (7/7).

Sebaliknya, Sofyan Dawood malah balik menuding TNI dan front bentukan merekalah yang berada di belakang penculikan itu. “Berantas dan TNI lah yang menculik warga,” katanya. TNI, sebut Sofyan, harus bertanganggungjawab terhadap hilang dan meninggalnya ribuan warga sipil semasa pemberlakukan status darurat di Aceh.

GAM mengaku akan ikut membantu pencarian korban penculikan ini. Karenanya, Panglima yang suka memakai kacamata hitam ini, meminta keluarga korban untuk melaporkan kasus penculikan kepada GAM dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta palang merah internasional (ICRC). “GAM siap mencari informasi yang diberikan oleh keluarga,” sebutnya.

Seperti diberitakan situs ini, bekas Sekretaris Desa Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Nurdin Abdullah, dan adik kandungnya, Mansurni, yang dilaporkan diculik anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Selasa (5/7) malam. Sampai Rabu (6/7) sore, belum diketahui keberadaan kedua korban penculikan tersebut.

Menurut warga di Krueng Geukueh, ibukota Keamatan Dewantara, pada Selasa malam, sekitar pukul 22.30 WIB, enam orang bersenjata api mendatangani rumah Drs Nurdin Abdullah (42) di Desa Paloh Gadeng. Saat itu, Nurdin sedang bersama adik kandungnya Mansurni (38). Serta-merta kelompok pemberontak itu mengajak kedua korban untuk ikut bersama mereka. “Jika tidak ikut, mereka diancam tembak,” ungkap seorang warga Krueng Geukueh, Rabu siang. [aceh interaktif]

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting