Selasa, Juni 21, 2005

Menneg LH: Cegah Illegal Logging dalam Rekonstruksi Aceh

Laporan: Fakhrurradzie MG

Aceh Interaktif - Banda Aceh. Menteri Negara Lingkungan Hidup Ir Rachmat Witoelar menegaskan kepada semua pihak yang terlibat dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pascatsunami, untuk mencegah terjadinya penebangan liar demi memasok kebutuhan kayu untuk rekonstruksi.

"Saya ingin mengingatkan semua pihak terhadap ancaman penebangan liar di kawasan Ekosistem Leuser dan hutan-hutan lindung yang selama ini menjaga keberlangsungan pasokan air untuk sungai-sungai di Aceh," wanti Rachmat Witoelar dalam pidato pembukaan Green Conference dan Green Expo di gedung Academic Activity Center Dayan Dawod Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Selasa (21/6).

Menurutnya, banyaknya kebutuhan kayu untuk membangun kembali Aceh akan memunculkan inisiatif untuk melakukan penebangan liar. "Tanda-tanda awalnya sudah teramati sejak beberapa bulan lalu di banyak tempat di Aceh. Kita perlu mencegah terjadinya "tsunami kedua" yang mungkin datang dari kawasan hutan yang gundul akibat penebangan liar untuk pasokan kayu di Aceh," tegasnya.

Selain itu, dia juga menekankan perlunya pelibatan masyarakat Aceh yang notabene-nya korban tsunami, dalam membangun kembali Aceh."Semangat warga Aceh untuk membangun kembali kehidupannya ini adalah modal awal pembangunan yang perlu dikembangkan sebagai tumpuan kerja yang lebih besar untuk membangun sebuah Aceh yang lestari, damai dan sejahtera," katanya.

Usai memberikan pidato di hadapan ratusan peserta Konferensi Hijau, Menneg LH didampingi Plt Gubernur Aceh, menyempatkan diri berkunjung ke stan Green Expo yang terdapat di lobby gedung pusat akademik itu. Banyak lembaga yang terlibat dalam rekonstruksi Aceh yang membuka stan di Green Expo.

Konferensi Hijau yang diselenggarkan Yayasan AcehKita dan Forum LSM Aceh sejak 21-23 Juni ini, mendapat dukungan dari Greenpeace, FFI, WWF, Ford Foundation, dan Pemda Aceh serta Kementrian Lingkungan Hidup sebagai tuan rumah. [aceh interaktif]

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting